Once Afternoon at Kambo

•Januari 11, 2010 • Tinggalkan sebuah Komentar

Perjalanan ini dimulai dari sebuah rasa penasaran akan sebuah kedai kopi yang berada dipegunungan kambo. Bisa kebayangkan sambil minum kopi panas sambil menyaksikan pemandangan alam dan pemandangan kota palopo dari gunung kambo pastinya sangat mengasikkan. Awalnya sedikit ragu karena melihat kondisi cuaca yang sepertinya akan hujan, akan tetapi karena rasa penasaran yang terlalu besar perjalanan tetap kami laksanakan. Akhirnya mengendarai motor JUpiter MX milik saudara omeng kami pun menuju battang kilo 10 untuk menuju pegunungan kambo.

Seperti biasa yang namanya jalan kepegunungan pasti mendaki, awal perjalanan memang kami melalui jalan yang sudah beraspal, tetapi ketika sekitar dua kilometer lebih perjalanan akhirnya kami mendapati jalan yang belum beraspal. Untungnya jalan tersebut tidaklah terlalu sulit untuk dilalui, motor JUpiter MX kami masih bisa melaju dengan mulus. Sepanjang perjalanan dari ujung kambo dikelurahan battang sudah terbentang pemandangan yang cukup indah untuk dinikmati. Kota palopo terlihat jelas sangat indah dari gunung tersebut.

Selain niatan ingin mendatangi kedai kopi yang berada di kambo kami juga berharap bisa mengabadikan segala moment yang kami dapati dan juga mengabadikan setiap pemandangan yang kami lalui termasuk pemandangan kota palopo sore hari, namun sayangnya hujan gerimis keburu turun dan niatan untuk mengambil foto diri dengan latar belakang pemandangan kambo kami urungkan sampai redanya hujan.

Pegunungan kambo adalah sebuah desa atau dusun yang secara administratif termasuk dalam bagian wilayah kecamatan Murante. Ada dua lokasi pegunungan kambo berujung yang satu berada di kilometer 10 kelurahan battang dan yang satunya lagi berada di kilometer 6 kelurahan latuppa. Panjang jalan yang menembuskan ujung kambo di battang dan latuppa mencapai 6 – 7 kilometer.

Setelah hujan agak sedikit reda kamipun melanjutkan perjalanan menuju kedai kopi yang menjadi tujuan kami dalam perjalanan ini. Sesuai dengan ilmu Geografi yang kami dapatkan disekolah bahwa didaerah pegunungan terutama didaerah kaki gunung atau lembah maka setelah hujan reda, kabut yang berada dipuncak gunung akan turun menuju kaki gunung, makanya kami sempat bertemu kabut didalam perjalanan ini. Setelah beberapa menit akhirnya kami tiba dikedai kopi yang kami maksud, namun sayangnya ternyata kedai kopi tersebut lagi tutup. Akhirnya perasaan menggebu-gebu yang sejak dalam perjalanan ingin segera menikmati segelas kopi khas warga kambo akhirnya harus menerima kenyataan kalau kedai kopinya lagi tutup dan tujuan utama kami melakukan perjalanan tidak terpenuhi. Walaupun minum kopi nya gak jadi tapi kami tidak terlalu kecewa karena kami masih bisa menikmati pemandangan gunung kambo.

Dalam perjalanan ini kami juga sempat singgah disalah satu sekolah yang berada di kambo. Disekolah ini terdapat dua tingkat pendidikan, SD Kambo dan SMP negeri 13 Kambo. Bangunannya masih sederhana, gedung untuk SD masih bercampur dengan tingkat SMP nya. Pekarangannya sendiri kelihatan masih sangat memprihatinkan, masih banyak gundukan tanah disana-sini, untungnya masih bisa digunakan untuk upacara bendera. Selain Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama fasilitas publik lain yang terdapat di kambo adalah sebuah Mesjid yang bernama Mesjid At kausar lokasinya terletak tidak jauh dari sekolah dan berada ditengah-tengah jalan poros dusun kambo. Selain itu fasilitas masyarakat lain yang kami temui adalah POSYANDU dusun kambo.

Kambo memang sudah sangat berubah, beberapa tahun yang lalu fasilitas publik yang kami temui dalam perjalanan ini masih belum ada dan dulu tingkat pendidikan yang ada hanyalah tingkat SD. Dan perubahan paling menonjol adalah pengaspalan yang sudah hampir 2/3 dari keseluruhan jalan poros kambo. Semoga dalam beberapa tahun kedepan Kambo bisa lebih banyak lagi tersedia fasilitas publik supaya warga kambo mendapatkan pelayanan yang setara dengan saudara-saudaranya yang bertempat tinggal diperkotaan. Sebenarnya kambo memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan disektor pariwisata karena kambo memiliki pemandangan yang cukup indah untuk dinikmati dan kambo adalah kawasan pegunungan yang memiliki suhu yang masih sejuk dan sangat cocok dijadikan tempat objek wisata alam. Ini semua tergantung bagaimana pemerintah kota palopo bisa lebih jeli melihat potensi yang dimiliki oleh kambo ini.

Dalam perjalanan pulang menuju ujung poros kambo dilatuppa kami sempat singgah beristirahat disalah satu rumah yang lebih mirip pondok milik seorang warga. Bapak tersebut menceritakan kepada kami tentang salah satu jenis usaha yang digelutinya yaitu usaha madu lebah. Dan ternyata sudah banyak warga kambo yang menggeluti usaha menghasilkan madu tersebut.

Akhirnya kami menyudahi perjalanan kami di kambo di salah satu ujungnya di kilometer 6 latuppa.

Perjalanan yang sebenarnya singkat tapi cukup memberikan pengetahuan baru dan lumayan sejenak melupakan kepenatan aktivitas sehari-hari.

Kami mereferensikan buat anda pembaca tulisan ini, kambo sebagai salah tempat untuk menikmati hari libur dan tempat untuk berwisata alam

Iklan

menikah!!???

•Desember 30, 2009 • 2 Komentar

Mendengar kata nikah beberapa orang akan mengatakan insya allah dalam artian ingin cepat melaksanakan sunnah rasul yang satu ini, tetapi ada juga beberapa orang yang akan mengatakan “jangan dulu ah!!” mungkin karena belum siap menjalani kehidupan sebagai seseorang berkeluarga ataupun mungkin beberapa hal lain yang mungkin belum siap dihadapinya apabila sudah menikah nanti.

Menikah adalah salah ibadah yang dianjurkan oleh islam dan menikah sendiri juga dianjurkan oleh agama lainnya (ada juga beberapa agama yang menganjurkan penganutnya untuk hidup singel seumur hidupnya dengan tujuan mengabdikan dirinya kepada agamanya). Menikah sendiri oleh rasulullah MUHAMMAD SAW adalah sebuah sunnah yang harus dilakukan semua umat muslim karena dengan menikah menyatukan dua insan dalam ikatan suci dan untuk meneruskan keturunan

Inginnya sih memang ingin melaksanakan sunnah rasul tersebut tapi apa daya, masih banyak rintangan yang harus aku hadapi dan cobaan yang harus aku lawan. Persoalan Materi, mental (kebiasaan) dan hal-hal lain yang harus aku hadapi dan sebagian yang harus aku hilangkan adalah sekian dari banyak hal yang membuat ku ngeri (sedikit) memikirkan tentang pernikahan

Umur yang sudah hampir siap untuk menikah dan tuntutan dari pacarku untuk segera dinikahi menjadi alasan untuk buat ku berpikir tentang pernikahan, walaupun sebenarnya masih ingin hidup sendiri menjalani kehidupan. Masih ingin bebas keluar malam, pulang larut malam dan begadang sampai tengah malam. Kalau aku sudah menikah belum tentu semua aktivitas tersebut akan bebas aku lakukan, karena ada tanggung moril untuk merubah diri menjadi pria yang bertanggung jawab dan manjadi pria yang harus menjaga keluarga, anak dan istri. Bagaimana caranya bisa menjaga keluarga kalau diri sendiri aja belum bisa ku jaga, bagaimana caranya bertanggung jawab kalau masih terbiasa hidup bebas tanpa beban

Alasan lain kenapa aku agak ragu untuk menikah adalah masalah finansial. Aku bukan seorang pegawai yang punya penghasilan lumayan untuk bisa diandalkan menghidupi kebutuhan keluarga. Bahkan gaji yang kudapat dari pekerjaan tetap ku belum cukup untuk memenuhi kebutuhan ku sendiri. Memang aku agak bersyukur bahwa aku punya penghasilan sendiri so gak tergantung lagi pada orangtua, ya walaupun memang sudah seharusnya aku punya penghasilan sendiri sebagai konsekuensi pilihan yang aku pilih sewaktu memutuskan kemana aku akan melanjutkan pendidikanku.

Akibat adanya tuntutan untuk segera menikah ini aku terpaksa harus berpikir keras untuk mencukupkan penghasilanku, aku harus menyisihkan sebagian penghasilanku untuk tabungan  melamar pacarku. Sebagian gajiku juga aku harus sisihkan untuk keperluan hidupku saat ini, dari membiayai motor sampai biaya-biaya lain yang tak bisa tak aku adakan (rokok dan bersenang-senang)

Seandainya saja dirinya bisa mengerti keadaan finansial ku saat ini, dan seandainya saja penghasilanku lebih baik dari yang sekarang mungkin aku takkan sepusing ini dan mungkin aku tak harus seketat ini mengunakan uang-uangku. Paling tidak cita-cita yang sebenarnya banyak tersimpan dalam benakku bisa kuwujudkan, ya…gak harus semuanya sih!!! cukuplah mempunyai mobil dan rumah sendiri..heheheh…

Tapi walaupun begitu aku berjanji akan berusaha sekuat tenaga dan giat berusaha, rajin bekerja agar bisa dapat banyak uang untuk bisa melamar dirinya, oh iya…gak lupa banyak beribadah dan berdoa juga kali ya!!!! Kata orang sich..cinta adalah semangat dan kekuatan dan ada juga yang mengatakan love makes anything is possible, benar enggaknya kalimat-kalimat tersebut ….gak tau juga tuch!!!

Semoga aku bisa menjalani semuanya dengan normal dan gak sampai stress memikirkannya …(emang udah stress kok)

btw…tunggu aja undangannya ….Aminnn

in memory of urip ariyanto “mbah surip”

•Agustus 5, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

Pagi ini 4 agustus 2009 MbahSurip-TakGendong2009pukul 10 pagi WIB, dunia musik indonesia kembali berduka, setelah SURIP HARYANTO atau mbah SURIP menghembuskan napas yang terakhir. Penyanyi “tak gendong” pergi meninggalkan fansnya setelah berada dipuncak kesuksesannya dan setelah karya-karyanya yang sederhana namun unik akhirnya diakui oleh para pecinta musik indonesia.

Mungkin banyak yang tak mengirah , karya yang sederhana milik mbah surip bisa sangat populer disaat dunia musik lagi banjiri oleh berbagai aliran musik yang lebih moderen dan mungkin lebih elegan genrenya..apalagi saat ini blantika musik indonesia juga dibanjiri oleh penyanyi dan band-band baru yang lebih matang secara lirik dan lebih moderen karena berada dialiran musik yang lebih up to date, tapi disini lah kehebatan karya mbah surip yang gak ingin iku-ikutan dan tetap memilih untuk tetap eksis di jenis musik yang dipilihnya.

Mbah surip hanya lah seorang pemusik tua yang mencoba tetap terus berkarya tanpa berpikir apakah musiknya banyak yang akan menyukai atau tidak. Lirik yang polos syair yang sederhana tapi betul-betul menyentuh dan mewakili kondisi masyarakat kita yang lagi dibebani dengan berbagai permasalahn hidup.

Sampai akhirnya hayatnya mbah surip masih tetap tidak berhenti menghibur dan menyanyikan karyanya para penggemarnya

kematian yang belum jelas penyebabnya sampai saat ini memang telah menghentikan daya dan usaha mbah surip untuk terus berkarya, tapi selama lagu-lagunya dinyanyikan oleh para pecintanya maka mbah surip akan selalu dikenang dan akan selalu berada didalam hati para fansnya.

So long mbah surip…your name n your song will be always in remain n will be never been forgotten in the deep our heart

(in memory of Mbah Surip)

gak tau, mau ngomong pa lagi, gimana caranya menjelaskanya ?

•Agustus 2, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

Seharian ini kubanyak ngehabisin waktu diluar rumah (ya, walaupun sebenarnya kemarin2 juga lebih banyak diluar rumah).  Gak ada alasan yang jelas atau alasan yang pastinya kenapa ku tiba2 ingin sekali berada diluar rumah hari ini (sama seperti hari2 kemarin).

Cuman, bukanx tanpa ada sedikit problema hari ini.  Bukan masalah yang kebawa dari rumah sih, tapi masalah yang agak sedikit pribadi and ada kaitannya sedikit dengan perasaan (jujur aja deh..sekarang ku lagi kasmaran nih ma seseorang, baru aja jadian). Tapi bukan perasaan yang menyenangkan tapi perasaan yang agak membuat ku merasa bete memikirkannnya.

Ada yang bilang klo lagi kasamaran, rasanya seperti terbang diatas awan, iya emang benar sih, tapi….klo dah lama kelamaan kok jadi terasa ketarik lagi kebumi. Disaat-saat awal memang terasa ingin slalu dekat ma dirinya ingin selalu ada buat dia, tapi kok lama kelamaan rasa kebosanan itu datang juga (mungkin sudah karakterku yang bosanan). Palagi pas sudah kehabisan bahan untuk ngobrol and lebih parah pas lagi landing dirumahnya dia.

Tapi, ada sesuatu hal yang menjadikan hari ini jadi terasa menyebalkan (sebenarnya dari kemarin), sikap dia yang tiba2 aja berubah sedikit (dikit sih) tapi cukup membuat merasa Bete. Hanya persoalan sederhana tiba2 aja seperti sangat besar masalahnya.

Emang kenapa sih klo punya teman cewek yang akrab, kan cuman teman doang. Ya, kata orang sih, klo kamu memang cinta, kamu harus rela  bisa mengerti perasaan dia (emang susah jadi cwok setia), harus selalu bisa mengalah,harus rela menuruti kemauan dia. Ya, tapi mau bilang apa lagi, soalnya ku dah terlanjur cinta and dah sudah saling berjanji untuk melanjutkan hubungan ini ke arah lebih serius.

Kini ku cuman bisa berharap agar besok2 mood dia gak seperti hari2 kemarin yang selalu keliatan ngambek kepadaku.  And semoga kami bisa saling lebih mempercayai (terutama dia kepadaku, karena klo aku sudah sangat percaya kepadanya).

Cinta itu memang membingungkan tapi kadang cinta juga membuat kita jadi punya hal untuk dijalani dan menjadikan hidup ini lebih berarti

Semoga kami berdua bisa melewati semuanya….AMIN….The_Art_of_Loving_by_latentxbullet

Album Baru Green Day – 21st Century Breakdown

•Juni 29, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

21st century breakdown Setelah lebih dari empat  tahun vakum dari proyek rekaman akhirnya Green Day merilis  album baru mereka. Album Baru Green Day ’21st Century Breakdown’ dirilis Mei ‘09 dibawah naungan Warner Music. Pada album baru Green Day ’21st Century Breakdown’ berisi 18 lagu, yang didalamnya dibagi menjadi 3 bagian yaitu “Heroes and Cons”, “Charlatans and Saints”, dan “Horseshoes and Handgrenades”.

Pada album ini overall dari semua lagu adalah perpaduan dari album-album mereka terdahulu.

Dari band remaja yang bermain gitar dengan 3 chord kini greenday telah berubah menjadi band yang mapan dalam bermusik

cerita bahagia dan sedih dibalik hasil pengumuman hasil ujian siswa smp dan smu

•Juni 26, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

Bulan juni 2009 memang bisa dikata adalah bulan paling sibuk bagi masyarakat indonesia tidak terkecuali warga kota palopo. soalnya dibulan ini banyak hal-hal sedang berlangsung…dari kampanye para calon presiden…sampai persiapan hari sekolah bagi anak-anak yang mungkin akan memulai tahun ajaran baru…atau mngkin juga yang baru akan memulai jenjang pendidikan baru.

Sebelum mereka jenjang pendidikan baru atau tahun ajaran baru terlebih siswa ini harus melewati tahap ujian akhir tahunan bagi yang akan naik kelas berikutnya…dan ujian akhir nasional bagi siswa yang memulai jenjang pendidikan baru.

Ujian akhir nasional (UAN ) tahun ini sendiri sama seperti tahun-tahun yang kemarin, menimbulkan cerita sedih dan bahagia bagi para siswa..apakah siswa smp ataupun siswa smu.

Ada yang bersedih karena terpisah dari temannya dana guru2nya tapi dibalik kisah kelulusan ini kisah menyedih kan yang disertai dengan airmata tak tertahankan yang yterjadi setiap tahunnya….kisah tentang kegagalan melewati hasil ujian akhir nasional yang membuat para siswa ini menangis dan kecewa.

Seperti kisah hasil pengumuman disalah satu smp tempat teman sy mengajar…

Tak ada diantara para guru-guru dismp tersebut yang menyangka akan sebanyak itu siswa mereka yang akan lulus. sebenarnya bukan permsalahan berapa jumlah yang dipersoalkan akan tetapi rasa kegagalan rasa bersedih apabila ada diantara siswa yang gagal lulus.

Ada kisah tentang salah muridnya yang sangat stress karena gagal lulus padahal menurut teman sy murid itu adalah siswa paling katif dan siswa paling pintar dismp tersebut.

Kita memang gak bisa mengingkari hasil ujian klo memang siswa tersebut memang gagal untuk lulus, cuman kita juga gak salah apabila mempertanyakan hal tersebut apalagi bila punya kita alasan mempertanyak kenapa siswa tersbut tidak lulus.

Mungkin saja salah satu alasan dia tidak lulus karena dia gagal memjawab soal, tapi menurut teman sy dia adalah siswi yang pintar. mungkin juga karena pekrjaan pada lembaran jawaban komputer kotor sehingga tak bisa dibaca oleh komputer pemeriksa pusat. tapi hal yang paling ditakutkan adalah kemungkinan adanya human error atau kesalah manusia yang disengaja atau yang tak disengaja pada saat pemeriksaan.

Tapi apapun alasan yang kita kemukan itu memang gak bisa lagi mengubah hasil pengumuman tersebut…kita cuman bisa ikutbersedih dan menyayangkan apa yang terjadi pada siswa tersebut dan siswa lainnya yang mungkin saja bisa lulus tapi gagal karena hal2 yang tadi sy sebutkan diatas.

Dan mari kita berharap agar dinas pendidikan nasional dalam hal ini yang menetap standarisasi nilai ujian bisa lebih mempertimbangkan dan lebih meniliti lagi apakah nilai standarisasi tersbut tidak terlalu tinggi.

Semoga dunia pendidikan indonesia semakin maju dan semoga tahun depan , tidak ada lagi kisah seperti kisah anak murid teman sy.

Selamat buat adik2 smp dan smu yang berhasil lulus, dan kepada adik2 yang gagal lulus agar tidak bersedih karena dengan mengikuti ujian paket B maupun C bukan berarti kalian telah gagal, tapi malah membuka kesempatan buat kalian untuk lebih giat belajar.

amin

NB : terima kasih teman sy (sang guru) yang telah menceritakan kisah ini…semoga menjadi guru yang baik

PACCO , one of the traditional food of PALOPO

•April 3, 2009 • 1 Komentar

Yesterday april 1st 2009 was non a special day but something special in that morning, my bigger brother and my younger brother came from makassar. Suddenly, that my bigger brother order me to buy a lot of raw fish in the market and that morning me and my family  eat PACCO again (strange food name isn`t it?). yeah its true, may be for a lot of people especially outside of my hometown palopo it was strange name for a food. PACCO is a traditional food from my hometown and also my favorite food. It made from a raw fish which mixed with flavour and sprinkled with vinegar water. It may heard rather hideous, but for us, people of palopo it was delicious food. It may felt strange for the firsttime if you eat it, but once you have taste it, you will know how delicous it was. If only you know how i feel that morning, i cant descript how delicous it was. Together with my family we make it together with full harmonies. There`s still one more traditional food i really would like to eat again, because it been so long i haven`t eat it, and that food was LAWA’ (another strange food name). what is Lawa`? i will tell it in another time