menulis itu menyenangkan ?????

Saya sangat suka menulis, tetapi kadang-kadang saya bingung mau menulis apa. Bahkan ketika inspirasi sudah ada didalam pikiran, tiba-tiba saja inspirasi itu hilang entah kemana. Pada saat seperti itu semangat untuk menulis pun ikut-ikutan hilang dan menulis tiba-tiba menjadi tidak menyenangkan lagi

Mengapa menulis itu menyenangkan? Setiap orang mempunyai jawaban dan alasan masing-masing, buat ku menulis itu adalah teman, teman untuk berbagi ide-ideku , teman tempat bercerita tentang hal-hal yang terlintas dalam pikiran dan setiap kejadian  yang sempat tertangkap oleh mata baik itu kejadian yang menyedihkan atapun yang membahagiakan.Menulis juga menjadi teman buatku untuk menuangkan setiap perasaan yang sedang ku alami. Ketika ku sedang marah atau lagi kesal terhadap sesuatu hal atau lagi kesal kepada seseorang terkadang menulis menjadi teman yang mampu meredam rasa amarah tersebut. Pun juga ketika muncul perasaan yang lain, ketika sedang eeheeemmm “kasmaran, jatuh cinta, atau lagi rindu pada dirinya (sang kekasih) menulis menjadi teman curhat pribadi yang paling mengerti dan yang paling asyik, terkadang sampai tertawa sendiri dibuatnya.

Buat beberapa orang menulis membutuhkan sebuah keterampilan, mulai dari penguasaan kosa kata, penguasaan kata-kata mutiara dan berbagai tehnis menulis lainnya. Buatku itu terlalu menyiksa karena aku bukanlah seseorang yang suka memperhatikan gaya bahasa yang akan kugunakan. Dan semua hal tersebut membuatku jadi kehilangan kebebasan berpikir, kehilangan kebebasan menggunakan kata-kata, yang ujung-ujungnya membuatku menjadi “stuck” memikirkan kalimat berikutnya dan menulis pun menjadi tidak menyenangkan lagi.

Aku  pernah membaca sebuah tulisan yang menyebutkan bahwa kunci agar menulis menjadi sesuatu yang menyenangkan adalah suasana. Suasana ini sangat berperan penting dalam upaya menuangkan setiap ide-ide yang terlintas dalam pikiran dan suasana juga yang kadang-kadang membantu seseorang dalam menemukan ide-ide untuk tulisannya. Berbicara tentang suasana erat kaitannnya dengan “mood” , nah mood ini bisa bermacam-macam, ada yang datangnya  dari suasana hati dan yang muncul dari suasana di lingkungan sekitar. Tapi sebenarnya mood bisa dicari, seperti ketika ingin menciptakan sebuah tulisan yang berkaitan dengan perasaan atau tentang cinta maka carilah tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan, pastinya setiap ide-ide pikiran akan mengalir dengan sendirinya. Tapi ada juga yang mendapatkan moodnya ketika menulis sambil mendengarkan musik apalagi ketika mendengarkan musik melalui earphone biasanya orang seperti ini memang menjadikan musik sebagai teman dan sumber inspirasi utamanya, namun intinya setiap orang mempunyai cara dalam mendapatkan moodnya sendiri supaya menulis menjadi menyenangkan.

Nah,hal yang paling penting dalam menciptakan sebuah tulisan adalah kesabaran. Dengan bersabar setiap tulisan akan selesai dengan sendirinya tanpa kita sadari, ingat! bersabar adalah kunci kesuksesan.

Akhirnya tulisan hanya akan menjadi sebuah tulisan biasa apabila tidak dinikmati ,nah  bagaimana mungkin menikmatinya apabila pada awal menulis suasana hati sudah tidak menyenangkan, jadi buatlah menulis itu menyenangkan dengan cara bebaskan pikiran mu dari setiap hal-hal yang membuatmu merasa tidak nyaman dalam menulis. Ok, Selamat menulis. (odhy)

~ oleh odhy pada Agustus 9, 2010.

Satu Tanggapan to “menulis itu menyenangkan ?????”

  1. postingan yang mantap, bro…😀
    tulislah apa yg anda mau tulis,,, kita menulis karena kita berpikir, sebaliknya anda membaca baru mulai berpikir! rait?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: