cerita bahagia dan sedih dibalik hasil pengumuman hasil ujian siswa smp dan smu

Bulan juni 2009 memang bisa dikata adalah bulan paling sibuk bagi masyarakat indonesia tidak terkecuali warga kota palopo. soalnya dibulan ini banyak hal-hal sedang berlangsung…dari kampanye para calon presiden…sampai persiapan hari sekolah bagi anak-anak yang mungkin akan memulai tahun ajaran baru…atau mngkin juga yang baru akan memulai jenjang pendidikan baru.

Sebelum mereka jenjang pendidikan baru atau tahun ajaran baru terlebih siswa ini harus melewati tahap ujian akhir tahunan bagi yang akan naik kelas berikutnya…dan ujian akhir nasional bagi siswa yang memulai jenjang pendidikan baru.

Ujian akhir nasional (UAN ) tahun ini sendiri sama seperti tahun-tahun yang kemarin, menimbulkan cerita sedih dan bahagia bagi para siswa..apakah siswa smp ataupun siswa smu.

Ada yang bersedih karena terpisah dari temannya dana guru2nya tapi dibalik kisah kelulusan ini kisah menyedih kan yang disertai dengan airmata tak tertahankan yang yterjadi setiap tahunnya….kisah tentang kegagalan melewati hasil ujian akhir nasional yang membuat para siswa ini menangis dan kecewa.

Seperti kisah hasil pengumuman disalah satu smp tempat teman sy mengajar…

Tak ada diantara para guru-guru dismp tersebut yang menyangka akan sebanyak itu siswa mereka yang akan lulus. sebenarnya bukan permsalahan berapa jumlah yang dipersoalkan akan tetapi rasa kegagalan rasa bersedih apabila ada diantara siswa yang gagal lulus.

Ada kisah tentang salah muridnya yang sangat stress karena gagal lulus padahal menurut teman sy murid itu adalah siswa paling katif dan siswa paling pintar dismp tersebut.

Kita memang gak bisa mengingkari hasil ujian klo memang siswa tersebut memang gagal untuk lulus, cuman kita juga gak salah apabila mempertanyakan hal tersebut apalagi bila punya kita alasan mempertanyak kenapa siswa tersbut tidak lulus.

Mungkin saja salah satu alasan dia tidak lulus karena dia gagal memjawab soal, tapi menurut teman sy dia adalah siswi yang pintar. mungkin juga karena pekrjaan pada lembaran jawaban komputer kotor sehingga tak bisa dibaca oleh komputer pemeriksa pusat. tapi hal yang paling ditakutkan adalah kemungkinan adanya human error atau kesalah manusia yang disengaja atau yang tak disengaja pada saat pemeriksaan.

Tapi apapun alasan yang kita kemukan itu memang gak bisa lagi mengubah hasil pengumuman tersebut…kita cuman bisa ikutbersedih dan menyayangkan apa yang terjadi pada siswa tersebut dan siswa lainnya yang mungkin saja bisa lulus tapi gagal karena hal2 yang tadi sy sebutkan diatas.

Dan mari kita berharap agar dinas pendidikan nasional dalam hal ini yang menetap standarisasi nilai ujian bisa lebih mempertimbangkan dan lebih meniliti lagi apakah nilai standarisasi tersbut tidak terlalu tinggi.

Semoga dunia pendidikan indonesia semakin maju dan semoga tahun depan , tidak ada lagi kisah seperti kisah anak murid teman sy.

Selamat buat adik2 smp dan smu yang berhasil lulus, dan kepada adik2 yang gagal lulus agar tidak bersedih karena dengan mengikuti ujian paket B maupun C bukan berarti kalian telah gagal, tapi malah membuka kesempatan buat kalian untuk lebih giat belajar.

amin

NB : terima kasih teman sy (sang guru) yang telah menceritakan kisah ini…semoga menjadi guru yang baik

~ oleh odhy pada Juni 26, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: